Selasa, 03 Juni 2008

TIPS untuk keyboard/Casing Notebook

a. Jangan letakkan di pangkuan.
Batere, atau casing notebook bisa menjadi panas saat di pakai. Karena itu, hindari memangku notebook. Juga jangan meletakkan notebook diatas permukaan yang empuk, atau lembut seperti sofa, kasur, atau karpet. Permukaan yang lembut atau empuk ini bisa menghalangi aliran sirkulasi udara sehingga menyebabkan notebook kepanasan (overheating).

b.Bersihkan saluran ventilasi secara teratur.
Secara teratur, usahakan membersihkan sistem ventilasi dan kipas notebook. Pertama, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu sebanyak mungkin dari lubang ventilasi dan kipas. Agar debunya tidak menyebar, hindari menggunakan penyemprot udara bertekanan tinggi. Jika ingin menggunakan penyemprot udara, arahkan penyemprot tersebut dari sebelah dalam ke luar agar debu terangkat tidak masuk kembali dan menyebar kedalam notebook.

c. Bersihkan keyboard secara teratur.
Sedotlah debu yang ada di sela-sela keyboard dengan vacuum cleaner yang dilengkapi dengan sikat, dan gunakan penyemprot udara untuk membuang debu dari keyboard.

d. Jangan mengotori keyboard dengan remah-remah makanan.
Hindari memakan sesuatu dekat keyboard. Remah-remah makanan atau tangan yang kotor oleh sisa makanan bisa menimbulkan noda atau bekas pada tombol keyboard, yang pada akhirnya bisa masuk ke dalam notebook, dan mempengaruhi sirkuit di dalamnya.

e. Jangan menumpahkan cairan kedalam notebook.
Meskipun notebook masa kini telah mengalami serangkaian uji terhadap tumpahan cairan, jangan biarkan cairan membasahi keyboard anda. Bagaimana jika secara tidak sengaja anda telah menumpahkan cairan kopi,atau teh ke atas keyboard anda? Jika ini yang terjadi, segera matikan dan keringkan notebook secepat mungkin. Jika ada banyak cairan yang tumpah ke dalam keyboard, segera bawa notebook anda ke pusat layanan terdekat untuk diperiksa, dan dibersihkan.
Untuk mencegah keyboard terkena tumpahan minuman, anda anda bisa mencoba menggunakan penutup khusus keyboard notebook berbahan dasar plastik. Dengan penutup ini, keyboard notebook anda akan aman dari ancaman tumpahan kopi, teh atau minuman lain.

f. Matikan notebook sebelum memasukkan kedalam tas.
Saat bepergian dengan notebook, pastikan anda telah mematikan notebook sebelum memasukkannya ke dalam tas atau ransel. Membiarkan notebook dalam keadaan menyala di dalam tas atau ransel akan menyebabkan notebook kepanasan (overheat) karena tidak adanya sirkulasi. Jika notebook sudah kepanasan, komponen-komponen elektronik didalamnya bisa rusak.

g. Hilangkan uap embun.
Jika anda baru saja menggunakan notebook dalam ruangan yang sangat dingin, jangan langsung menghidupkan/menggunakannya sampai notebook mencapai suhu normal ruangan.

admin

Tidak ada komentar: