Selasa, 03 Juni 2008

TIPS Merawat Batere Notebook

a. Jangan gunakan charger atau batere yang tidak kompatibel/tidak sesuai spesifikasi pabrik.
Menggunakan batere atau charger yang tidak kompatibel atau tidak sesuai dengan spesifikasi pembuatannya dapat menimbulkan aneka potensi masalah, misalnya batere cepat panas, cepat kehilangan daya simpan tenaga, atau hanya berumur pendek.

b. Jangan biarkan batere terhubung singkat.
Saat tidak terpakai, simpan batere dengan baik dalam wadah yang disertakan. Pastikan dalam wadah tersebut tidak ada uang logam, kunci/gantungan kunci atau perhiasan yang terbuat dari logam. Jika terkena logam semacam itu, kutub-kutub batere bisa terhubung singkat sehingga batere bisa kepanasan, dan menimbulkan bahaya kebakaran.

c. Jangan menusuk-nusuk batere, memukul-mukul, atau membanting batere.
Hal-hal diatas bisa mengakibatkan sirkuit batere terhubung singkat sehingga menyebabkan timbulnya panas .

d. Jangan biarkan batere menjadi basah.
Batere yang basah bisa di hinggapi karat sehingga mengurangi kinerja batere. Karat juga dapat membuat pelindung batere bocor.

e. Gunakan setting layar sesuai keperluan.
Dengan mengurangi kecerahan (brightness) satu level saja, anda bisa menghemat batere notebook anda selama lebih kurang sepuluh menit. Sebagai tambahan, mengurangi resolusi layar dan kedalaman warna akan memangkas beban kerja chip grafis sehingga memperpanjang daya batere. Untuk mengurangi resolusi layar dan kedalaman, masuklah ke start setting control panel display, dan klik dua kali tab settings.
Menonaktifkan feature tambahan seperti font clear type dan fade effeck juga akan mengurangi konsumsi daya CPU. Untuk menonaktifkan feature ini, masuklah ke control panel sistem advenced performance settings visual effects.

f. Pangkas aktifitas harddisk
Aktifitas harddisk yang tinggi juga menyebabkan batere notebook kehabisan tenaga dengan cepat. Tinggi aktifitas ini misalnya karena data yang terletak tidak beraturan sehingga harddisk harus diputar lebih lama untuk menjangkau sektor, atau track tertentu.
Untuk mengatasi ketidakteraturan tata letak data dalam harddisk, lakukan defragmentasi secara teratur. Untuk melakukan deframentasi haddisk, klik start menu àall programs à accessories à system tools.

g. Nonaktifkan perangkat yang tidak terpakai.
Banyak notebook saat ini dilwngkapi dengan tombol on/off untuk menghidup/mematikan satu atau beberapa perangkat (wireless, IrDA dan bluetooth). Jika tidak dilengkapi tombol seperti itu, anda mencarinya di control panel à system hardware à device manager, dan non aktifkan ethernet adapter, infrared transceiver dan bluetooth radio, jika notebook anda memilikinya. Jika dihidupkan perangkat ini akan memakan daya batere sehingga mempercepat habisnya daya batere notebook anda.

h. Nonaktifkan bagian startup.
Pada saat loading windows dijalankan, bagian startup akan mengkonsumsi memori yang banyak dan menambah beban kerja CPU. Beban CPU yang bertambah akan menaikkan penggunaan daya batere.
Anda dapat menonaktifkan bagian startup dengan membuka program yang dimasukkan ke bagian startup. Untuk membuka menu startup dapat anda lakukan dengan cara klik start à run à ketiklah msconfig à untuk menampilkan menu msconfig. Nonaktifkan program yang jalan pada menu startup yang tidak diinginkan dengan cara menghilangkan tanda centang kemudian restart untuk penyesuaian konfigurasi.

i. Pelihara Kondisi Batere.
Saat membeli notebook, isilah batere hingga penuh (100%) dan jangan biarkan kondisi batere dalam keadaan kekurangan daya (lowbat). Ingat juga untuk selalu mencolokkan adapter AC apabila tersedia colokan listrik untuk menjaga kestabilan daya batere dan pastikan betere dalam keadan suhu normal.

admin

Tidak ada komentar: